Sabtu, 06 Februari 2010

TIPS MENAWAR RUMAH

Buat yang ingin membeli rumah pastikan Anda mendapatkan harga yang sesuai, jangan sampai malah mendapatkan rumah dengan harga yang mahal namun minim fasilitas. Ada trik tersendiri yang dapat Anda terapkan agar mendapatkan harga rumah yang pantas.

  1. Perhatikan kondisi bangunan rumah yang akan Anda beli. Cermati secara detil apakah diperlukan banyak renovasi pada bangunan tersebut.
  2. Cari tahu sudah berapa lama rumah tersebut ditawarkan untuk dijual. Dari sini Anda dapat melihat gambaran tentang respon calon pembeli lainnya. Jika rumah tersebut sudah ditawarkan dalam waktu yang lama, ada kemungkinan si pemilik sudah ingin melepas rumah tersebut segera dan kesempatan ini bisa Anda manfaatkan.
  3. Cari informasi tentang harga rumah yang ditawarkan tersebut dan bandingkan dengan harga beberapa rumah di sekitar, apakah mendekati sama atau tidak. Tentunya Anda harus membandingkan dengan type yang sejenis, dan dengan mengetahui harga rumah rata-rata di wilayah tersebut, maka dengan mudah Anda dapat menentukan penawaran harga.
  4. Temukan alasan kenapa rumah tersebut dijual agar Anda dapat menentukan jumlah penawaran awal. Apakah rumah tersebut dijual karena kebutuhan mendesak pemilik atau hanya untuk mendapat keuntungan dari investasi properti yang dia miliki.

Setelah mendapatkan informasi-informasi tersebut Anda akan mendapat gambaran tentang harga standar dan informasi pendukung lainnya untuk rumah yang akan Anda beli. Berbekal informasi tersebut, lakukan penawaran harga kepada si pemilik. Tawarlah dengan harga yang sesuai atau mendekati dengan harga pasaran, dan untuk mencapai sepakat Anda diharuskan untuk jeli dan memiliki kemampuan negosiasi.

2 komentar: